Tuesday , November 20 2018
Home > Berita > Nila Moeloek : Penempatan Petugas Kesehatan Harus Sesuai Cabor di Setiap Claster

Nila Moeloek : Penempatan Petugas Kesehatan Harus Sesuai Cabor di Setiap Claster

JAKARTA (Bisnis Papua) – Di hari kedua Selasa (31/10/2018)  Road Show Gubernur Papua Lukas Enembe yang memimpin delegasi Papua ke  Kementerian dan lembaga terkait di Jakarta.
Kali ini kunjungannya  ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jln HR Rasuna Said- Jakarta Selatan. Sekitar Pukul 14:00 Wib, diterima langsung Menteri Kesehatan – RI  Prof Dr H. Nila Moeloek didampingi beberapa orang stafnya
Seperti hari sebelumnya,  Gubernur Enembe didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen,  Asisten Bidang Pemerintahan,  Hukum dan HAM Sekda Papua  Doren Wakerkwa,  Kepala Bappeda Muh. Musaad,  Kepala Dinas Kesehatan provinsi papua Aloysius Giyai,  Kepala Dinas PUPR provinsi papua Gerius Yoman,  Kepala Kantor Badan Penghubung provinsi papua Alex Kapisa dan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Papua Israil Tommy Ilolu,  Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Daud Ngabalin.
Usai pertemuan yang berlangsung selama 45 menit itu. Kepada wartawan Menkes Nila Moeloek menjelaskan,  pertemuan ini adalah membahas tentang persiapan PON XX tahun 2020 di Papua.
Dikatakannya di ajang pesta olahraga nasional ini harus dipikirkan bahwa ini adalah salah satu event yang cukup besar.
“Dengan event ini mengangkat  Papua untuk lebih terbuka  secara nasional, ” kata Nila yang saat wawancara didampingi Kepala Dinas Kesehatan provinsi papua Aloysius Giyai.
Lanjutnya dalam PON nanti yang diperlukan adalah semua dukungan termasuk juga untuk kesehatannya.  Selain itu juga dibicarakan tentang bagaimana dukungan kesehatan menjelang penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu.
“Dukungan itu bukan berupa hanya fisik saja. Tetapi juga bagaimana persiapan – persiapan SDM nya. Kita juga harus memperhatikan kesehatan makanannya,  kesehatan lingkungannya itu juga harus diperhatikan, ” tuturnya.
Selain itu di pertemuan tersebut juga membicarakan terkait dukungan dari kabupatennya. Dimana dalam event ini venue nya akan berada di lima cluster di lima kabupaten yakni Biak Numfor  Mimika,  Jayawijaya, Merauke,  Kabupaten Jayapura dan juga Kota Jayapura. Dimana setiap claster tersebut harus ada tim medisnya.
“Contohnya tadi Biak. Saya bilang untuk apa dan dijelaskan untuk cabor selam. Nah kita harus berpikir bersama Kepala Dinas Kesehatan sarana kesehatan. Nantinya posko kesehatan itu seperti apa. Harus sesuai dengan jenis cabang olahraga. Jadi kita harus siap disitu, “bebernya.
Nantinya,  kata Nila secara detail akan dibicarakan antara Kepala Dinas Kesehatan provinsi papua bersama Kementerian Kesehatan.
Selanjutnya delegasi Papua ini bertolak menuju Kantor Bappenas di wilayah Menteng,  Jakarta Pusat. (Julia)

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply