Tuesday , December 11 2018
Home > Berita > AirNav Indonesia Cabang Sentani Kirim Mobile Tower Ke Palu

AirNav Indonesia Cabang Sentani Kirim Mobile Tower Ke Palu

SENTANI (Bisnis Papua)- AirNav Indonesia melalui AirNav Indonesia Cabang Sentani mengirimkan  Mobile Tower atau pemandu lalu lintas udara ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengoptimalkan pelayanan dan fungsi Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie Kota Palu pasca gempa bumi dan tsunami pada tanggal 28 September 2018 lalu.

 

“Fasilitas pemadu lalu lintas udara atau air traffic contoler (ATC)  berupa Mobile Tower ini telah di kirim ke Palu, dan nanti ditempatkan di bandara Mutiara Kota Palu, sampai pemulihan selesai hingga batas waktu yang belum di tentukan,”kata Ketua Umum Indonesia Air Traffic Controllers Association (IATCA), Suwandi,” Kamis (4/10/2018).

 

Suwandi menjelaskan, peralatan Mobile Tower bersama teknisi pendukung kami telah kirim ke Kota Palu untuk membantu pegoperasianya nanti. Mobil Tower ini di jadwalkan akan tiba di Kota Palu Jumat, 5 Oktober 2018 nanti.

 

“Mobile Tower yang dimiliki AirNav Indonesia Cabang Sentani ini memang digunakan khususkan untuk daerah yang mengalami bencana alam. Alat tersebut sudah digunakan oleh sejumlah daerah yang mengalami bencana yakni daerah Lombok, Sorong, Biak dan beberapa daerah lainnya,”ujarnya.

 

Menurut Suwandi, Mobile Tower milik AirNav Indonesia Cabang Sentani yang dikirimkan ke Bandara Mutiara Kota Palu itu merupakan perangkat khusus yang bisa membantu optimalisasi pelayanan lalu lintas udara di bandara tersebut, yang saat ini masih di tangani oleh perangkat tower darurat.

 

Suwandi meyebutkan, bahwa secara umum, Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Kota Palu sudah mulai beroperasi, tetapi sifatnya masih terbatas dan lebih memprioritaskan pada angkutan bantuan, evakuasi para korban pasca gempa dan tsunami didaerah setempat. “Kita harapkan dengan hadirnya Mobile Tower tersebut, bisa lebih mengoptimalkan pengatur lalu lintas udara di Bandara Mutiara Kota Palu sesuai dengan kapasitas dan jangkauannya, karena Mobile Tower ini fungsinya sangat tinggi dan lebih efektif ketimbang perangkat tower darurat yang di pakai saat ini,”jelasnya.

 

Ia menambahkan, Mobile Tower AirNav Indonesia Cabang Sentani ini, mulai efektif beroperasi pada hari Sabtu 6 Oktober 2018 mendatang, dan dengan dukungan tenaga teknis serta staf operator pengatur lalu lintas udara yang sudah ada, hingga batas waktu yang belum di tentukan, atau sampai ada pembanguan tower ATC yang baru di Bandara Palu.(hsb)

 

Caption, Mobile Tower

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply