Home > Berita > Aksi ASN Dishut Provinsi Papua Tuntut Plh Kadishut Harus OAP

Aksi ASN Dishut Provinsi Papua Tuntut Plh Kadishut Harus OAP

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Puluhan ASN Dinas Kehutanan (Dishut) provinsi papua, menuntut kepada Pemerintah provinsi papua agar posisi Pelaksana harian (Plh) Kepala Dishut Papua dan Sekertaris diduduki oleh Orang Asli Papua (OAP).

Pernyataan ini dikeluarkan mereka usai apel pagi Senin (14/1/2019) di Lapangan Kantor gubernur papua di Jayapura.

Dihadapan Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri, Koordinator Forum Komunikasi ASN OAP Dinas Kehutanan provinsi papua Absalom Runtuboy, SH, M.SI menyampaikan agar pemerintah bisa memperhatikan kekosongan jabatan pada esalon II dan esalon III di dinas terkait.

Puluhan ASN ini membawa sebuah spanduk yang bertuliskan “Bapak gubernur papua agar segera menunjuk OAP sebagai Plh Kadishut dan Plh Sekertaris Dishut provinsi papua

Aksi mereka ini menjadi bahan tontonan para ASN yang saat itu usai mengikuti apel pagi.

Dalam apel pagi rutin setiap Senin itu, dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Noak Kapisa dan juga para Kepala SKPD di lingkup Pemprov Papua.

Kata Absalom, pernyataan sikap ini sejalan dengan kebijakan pemerintah provinsi untuk menggabungkan Dinas Kehutanan dan Lingkungan hidup provinsi papua.

“Untuk itu kami menginginkan agar dapat dijabat oleh pejabat Orang Asli Papua ( OAP ) sebagai implementasi undang-undang otonomi khusus di tanah ini,”tegasnya.

Mereka Salah

Menanggapi aksi demo ini, Asisten Sekda Papua, Elysa Auri bertemu dengan para pendemo yang nota bene adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang kerjanya.

Kepada wartawan, dari hasil pertemuan sekitar 30 menit itu, Kata Elysa para ASN Dishut ini sudah bisa memahami dan menerima apa yang telah disampaikannya.

“Syukur karena mereka bisa memahami itu dan mereka menerima. Hanya dengan cara  tadi di lapangan itu tadi salah dan sudah melanggar disiplin ASN,”tegasnya.   Ini mereka juga bisa dikenakan PP 53. Makanya tadi saya ajak mereka ke ruangan untuk saya jelaskan kepada mereka. Tetapi supaya dinas itu dia tidak vakum dan tetap berjalan. Memang harus ada Pelaksana Harian,”pungkasnya. (Julia)

 

 

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply