Tuesday , November 20 2018
Home > Sport > Anggaran Terbatas, Kota Jayapura Siap Ikut Popprov Papua

Anggaran Terbatas, Kota Jayapura Siap Ikut Popprov Papua

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Pemerintah Kota Jayapura terus berupaya akan mengikutkan para atlet terbaiknya pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Papua, meskipun saat ini keterbatasan anggaran menjadi kendala, pasalnya event bergengsi tersebut dinilai bergulir saat ditengah-tengah dokumen pelaksanaan anggaran Kota Jayapura.

Hal itu disampaikan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano saat ditemui wartawan olahraga di Jayapura, Jumat (02/11/2018) siang kemarin.

Kendati demikian, Walikota tetap akan berkoordinasi dengan Kadispora Kota Jayapura untuk mengikuti event olahraga, sebab menurutnya Popprov sangat penting untuk pembinaan atlet kedepan, dimana Papua akan menghadapi Popnas dan Peparpenas 2019 mendatang.

“Ini kan direncanakan ditengah-tengah, sehingga harus ada anggaran yang tersedia untuk event ini. Tapi kami akan koordinasi dengan Kadispora Kota, apakah kita bisa ikut dengan anggaran terbatas,” ujar Walikota Jayapura.

Pria yang menjabat juga sebagai Ketua Umum KONI Kota Jayapura memastikan Pemerintah Kota Jayapura akan mengikuti event olahraga pelajar tersebut, mengingat Kota Jayapura sebagai barometer prestasi olahraga dan tentu menjadi tolak ukur bagi kemajuan olahraga di tanah Papua.

“Kita fokus membina atlet-atlet, jadi saya mau Kota Jayapura akan mengirimkan atlet terbanyak untuk PON 2020, bahkan untuk semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini jadi tanggung jawab pengcab cabor, apalagi mereka sudah diberikan uang pembinaan buat mereka jadi Kota Jayapura harus sukses prestasi. Tetap event apapun kita siap ikuti,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura, Rocky Bebena, mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, kegiatan Popprov itu akan berlangsung bulan September, kemudian molor sampai bulan November.

Akibat dari jadwal kegiatan yang belum jelas, maka Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura tidak menganggarkan kegiatan tersebut dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Rocky mengatakan, para atlet dari 6 cabor yang dipertandingkan sudah siap. “Kalau atlet tidak masalah, selama ini bereka sudah lakukan pemusatan latihan, saya akan melalukan koordinasi dengan Walikota, agar atlet-atlet dari Kota Jayapura bisa berpartisipasi dalam event
tersebut,” ujarnya.

Rocky juga berharap, Popprov kedepan nanti bisa dipertandingan semua cabor yang akan dilombakan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). (Kes)

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply