Home > Biro Humas & Protokol > Bahas Sister Province, New Zealand Tawarkan Program Bahasa Inggris Bagi ASN

Bahas Sister Province, New Zealand Tawarkan Program Bahasa Inggris Bagi ASN

 

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Kunjungan rombongan Kedutaan Besar New Zealand (NZ) /Selandia Baru untuk Indonesia ke provinsi papua pada hari Kamis (10/1/2019) lalu. Menurut Konselor Pembangunan Kedubes NZ untuk Indonesia, Mehaka Rountree. Kunjungan ini untuk mempererat hubungan kerja sama NZ dan Indonesia merupakan tujuan dari pada kunjungan dan pertemuan dengan Pemerintah provinsi papua.

“Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat hubungan kerja sama antara NZ dan Indonesia. Secara spesifik kami membuka ruang untuk terus memberikan dukungan bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di berbagai bidang,” kata Mehaka Rountree.

Setengah berpromosi, Mehaka menjelaskan negaranya, memiliki keahlian dan fasilitas. Sehingga berdasarkan hal inilah, pemerintah NZ berinisiatif untuk berbagi keahlian yang dimiliki bersama rakyat Indonesia, termasuk pula rakyat Papua.

Selain itu juga dampak positif hubungan kerja sama Indonesia –Selandia Baru ini/NZ berdampak pada cukup banyaknya pelajar Indonesia, termasuk dari Papua, yang bersekolah disana.

“Memang NZ memiliki fasilitas kelas dunia di bidang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat universitas. Demikian, merupakan langkah supportive bagi kami kepada Indonesia dalam hal pembangunan SDM. Bahkan, lebih bagus lagi kalau lulusan dari NZ bisa kembali ke Indonesia, kembali ke Papua untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya sebagai kontribusi bagi pembangunan Indonesia, termasuk pembangunan Papua,”bebernya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Sekda Papua dihadiri Sekertaris Daerah Papua T.E.A Hery Dosinaen, Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, dan  Karo Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri, Suzana Wanggai.

Sekda Dosinaen kepada pers menjelaskan,  dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi akan menginisiasi terjalinnya kerja sama Sister Province antara Pemprov Papua dan Selandia Baru.

“Kami nanti membangun kerja sama Sister Province dengan NZ. Akan kita koordinasikan lebih jauh bagaimana pemerintah provinsi melakukan kunjungan balasan ke NZ dalam merealisasikan kerja sama Sister Province ini,” terang Sekda.

Program Beasiswa ASN

Selain itu juga Pemerintah New Zealand menawarkan program beasiswa  bahasa Inggris kepada Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Bumi Cenderawasih.

Mehaka Rountree mengaku, sangat sulit mendapat perwakilan dari Papua. Padahal program ini hanya berlangsung selama 4 sampai 6 bulan saja.

“Ini program homestay, yang mana tiga bulan tinggal di salah satu keluarga di Selandia Baru dan tiga bulan berikutnya belajar di kampus,”kata dia kepada pers.

Nantinya seluruh peserta yang ikut program ini, akan bertemu dengan rekan – rekan lainnya dari ASEAN. Direncanakan pada bulan Maret 2019 ini, akan di buka pendaftaran baru.
“Hal ini sangat bagus untuk membangun animo pegawai dan masyarakat, sehingga pelajaran yang di ambil adalah bahasa inggris dulu,” ujarnya.
Program ini di khususkan bagi orang yang sama sekali belum lancar berbahasa inggris dengan baik. “Jadi kalau yang sudah dalam kategori pintar, kami tidak akan terima,”ucapnya.
Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai mengatakan program-program seperti ini sebenarnya banyak, hanya saja informasinya tidak pernah sampai ke Papua.
“Program seperti ini sebenarnya sampai di Jakarta dan mereka yang ambil. Kami di Papua tidak pernah dapat karena informasinya terlambat,” kata Suzana
Namun demikian, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kedutaan New Zealand yang datang langsung ke Papua dan menawarkan program belajar bahasa Inggris bagi ASN di Papua.
“Selama ini kami disini ketika ingin belajar bahasa Inggris pergi ke Makassar, Bali, dan Surabaya. Program yang ditawarkan ini tentu sangat baik sekali, karena memang pegawai negeri perlu ada dasar bahasa Inggris dan masuk ke tingkatan selanjutnya,”tandasnya. (Julia)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply