Saturday , October 20 2018
Home > Berita > BI Gandeng Bank Papua Buka Layanan Penukaran uang di Mappi.

BI Gandeng Bank Papua Buka Layanan Penukaran uang di Mappi.

JAYAPURA ( Bisnis Papua )- Bank Indonesia Perwakilan Papua  kini kembali mengandeng Bank Papua membuka layanan penukaran Uang Tak Layak Edar ( UTLE ). Program yang dikemas dengan tema BI  Jangkau kali ini membuka layanan di Kabupaten Mappi.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia  ( Kpw BI )provinsi papua, Joko Supratikto mengatakan dipilihnya Kabupaten Mappi karena kondisi uang yang tak layak edar atau uang lusuh disana cukup tinggi. ” Layanan itu akan dibuka di empat distrik yaitu distrik Assue, Distrik haju, disrik Nambioman Bapai dan distrik Obaa,” ucapnya kepada wartawan usai penandatangan MoU BI Jangkau, di Jayapura belum lama ini.
Joko menerangkan program Bank Indonesia jangkau adalah untuk menjangkau sampai ke distrik distrik , sekarang ini Bank Indonesia belum sampai disana, satu satunya jaringan yang dimiliki adalah perbankan.
Sementara  di papua ini jaringan yang paling banyak adalah Bank Papua,  oleh karena pihaknya menjalin kerjasama agar layanan penukaran uang bagi masyarakat untuk memperoleh uang yang bersih dan licin itu sampai di daerah daerah.”  modelnya adalah Bank Indonesia akan mengantarkan uang sampai ke Mappi, bisa BI sendiri yang antar kesana atau Bank Papua yang mengambil dari BI untuk dibawah ke Mappi tetapi atas biaya BI,” terangnya.
Untuk distribusi hingga ke setiap distrik, lanjut Joko  itu menggunakan bisnis normalnya bank papua hanya disana disertai juga mungkin ada kas keliling penukaran uang dan uang lusuh.
Sambung Joko berharap program BI jangkau tahun ini dapat berlangsung baik dan mampu menyerap Uang Tidak Layak Edar ( UTLE )  di masyarakat “Kalau tahun lalu di Boven Digul itu ada Rp 1 milyar uang lusuh, kami targetkan ini lebih dua kali lipat dari tahun lalu, paling tidak Rp 2 milyar ,” harapnya. ( sim )

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply