Tuesday , November 20 2018
Home > Berita > BPS : Dua Kota IHK di Papua Alami Perubahan Indeks.

BPS : Dua Kota IHK di Papua Alami Perubahan Indeks.

JAYAPURA (Bisnis Papua) Badan Pusat Statistik ( BPS ) provinsi papua merilis dua kota IHK ( Indeks Harga Konsumen) di provinsi papua pada Oktober 2018 tercatat mengalami perubahan angka indeks yang berbeda.

 

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua, Bambang Wahyu Ponco Aji, menjelaskan bahwa kedua kota IHK untuk kota Jayapura mengalami inflasi sebesar 0,36 persen dan Merauke mengalami deflasi 0,47 persen IHK masing masing sebesar 136,79 dan 136,70.

 

IHK Kota Jayapura, kata Bambang menempati urutan ke-20 tingkat nasional dan ke 5  di tingkat Sulampua ( Sulawesi, Maluku dan Papua). Kota Jayapura menempati urutan ke- 20 tingkat nasional dan ke-5  di tingkat Sulampua ( Sulawesi, Maluku dan Papua). Sedangkan Merauke menempati urutan ke-79 di tingkat nasional dan ke-18 ditingkat  Sulampua.

 

Sementara itu, secara Inflasi tahun kalender di Kota Jayapura pada Oktober sebesar 3,83 persen dan inflasi year on year ( periode yang sama tahun sebelumnya ) sebesar 6,10 persen.

 

Untuk Inflasi tahun kalender Merauke di Oktober 2018 sebesar 2,19 dan inflasi year on year sebesar 3,46 persen.

 

“Factor pendorong terjadinya inflasi di Kota Jayapura pada Oktober  2018 adalah kenaikan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi antara lain, angkutan udara, ikan ekor kuning, tarif rumah sakit, sagu, dan beras,dan lainnya,” terang Bambang dalam dalam rilis yang disampaikan, Kamis ( 1/11/2018 )

 

Sedangkan, lanjutnya, komoditi yang mengalami penurunan harga antara lain, daging sapi,bawang merah, ikan kawalina,daging ayam ras, cabai rawit, dan lainnya.

 

Sementara itu, factor pendorong terjadinya deflasi di Merauke di Oktober 2018 adalah penurunan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi antara lain, angkutan udara, ikan mujair, cabai merah, daging ayam ras, tomat sayur, dan lainnya.  “ Sedangkan komoditi yang mengalami kenaikan harga antara lain,  kacang panjang, bayam, kangkung, daun singkong, cabai rawit, dan lain lain,” terang Bambang. ( Sim )

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply