Home > Berita > Dinsosdukcapil Papua Puji Kota Jayapura Tangani Anak Jalanan

Dinsosdukcapil Papua Puji Kota Jayapura Tangani Anak Jalanan

Caption foto : Anak jalanan  binaan Dinsos Kota Jayapura tengah khusyuk berdoa. (ist)

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) provinsi papua sampai saat ini masih menunggu koordinasi dan laporan secara detail serta tertulis dari kabupaten terkait penanganan anak jalanan di wilayahnya.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil provinsi papua Ribka Haluk, di Jayapura, Senin (29/1/2019) menjelaskan, pihaknya mengklaim khusus untuk Kota Jayapura, penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura sudah cukup bagus.

“Kami sangat mengharapkan koordinasi dari kabupaten, sehingga ke depan tidak ada tumpang tindih program dan kebijakan dalam menangani anak jalanan ini,”terangnya.

Lanjutnya lagi, untuk penanganan anak jalanan ini, selain instansi terkait, lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kota Jayapura misalnya, juga sudah banyak yang memberikan perhatian khusus bagi generasi muda Papua ini.

“Dari pantauan kami beberapa tahun lalu, jumlah anak jalanan ini sudah cukup berkurang, namun jika kini bertambah maka akan menjadi perhatian khusus untuk dicek kembali,” ujarnya.

Kemudian pada titik-titik lokasi yang biasanya menjadi tempat mangkal anak-anak jalanan khususnya di Kota Jayapura, sudah jarang terlihat khususnya siang hari, namun ketika malam tiba banyak bermunculan kembali.

“Kami memang belum melakukan evaluasi secara keseluruhan, tetapi ada beberapa LSM yang sudah memberikan perhatian, namun data validnya belum dimiliki,” katanya lagi.

Ke depannya, pihaknya akan mengecek kembali titik-titik yang dijadikan komunitas anak jalanan sehingga dapat dipantau untuk kemudian ditindaklanjuti. (Julia)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply