Tuesday , December 11 2018
Home > Berita > Hasil Penyelidikan Polisi, Kebakaran Gedung Sasana Krida Akibat Kompresor AC

Hasil Penyelidikan Polisi, Kebakaran Gedung Sasana Krida Akibat Kompresor AC

Caption Foto: Tampak kepulan asap yang membakar Sasana Krida Kantor Gubernur Papua (Humas Polda/Bisnis Papua)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JAYAPURA (Bisnis Papua)- Polda Papua menyimpulkan kebakaran Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur provinsi papua Jalan Soa Siu Dok II Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, Minggu 11 November 2018 Pukul 12.10 Wit, diakibatkan kosleting pada Kompresor AC.
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad M Kamal mengatakan dari olah TKP awal yang dilakukan, sumber api diduga dari kosleting Kompresor AC.
“Kejadian kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugiaan materiil berupa bangunan dan isi gedung/Aula Sasana Krida habis terbakar berupa kursi dan sound system yang melekat pada dinding Gedung,”terang  Kamal dalam rilis tertulis ke meja redaksi Minggu sore(11/11/2018)
Kasus kebakaran tersebut sementara dalam penanganan Polres Jayapura Kota di Back Up Polda Papua
Dari keterangan para saksi, kebakaran diketahui berawal saat saksi atas nama Marcelino Wanda (32) yang pada saat itu melihat ada kepulan asap tebal keluar dari belakang Gedung.

Selanjutnya  saksi satu menuju ke pos dua guna melaporkan kejadian tersebut kepada saksi dua atas nama  Robi R. Sedangkan saksi tiga atas nama  Isak Iwanggin dan saksi empat atas nama  Tonci Damor yang merupakan anggota piket jaga dari Satpol PP provinsi papua.
“Mereka berempat kemudian bersama-sama  menuju arah kepulan asap untuk melakukan pemeriksaan. Sesampainya dibelakang Sasana Krida mereka melihat kepulan asap tebal disertai kobaran api berada di atas gedung sasana krida,”terang Kabid Humas
Lanjutnya, empat anggota Satpol  membuka pintu aula sasana krida dan melihat api dari arah gedung Sasana Krida lantai dua sebelah kanan telah membesar.
Kemudian Marcelino Wanda menghubungi Pemadam Kebakaran, Polres Jayapura Kota, dan Polda Papua.
“Pukul 12:20 Wit, Anggota SPKT dan Gabungan Piket Fungsi Polres Jayapura Kota yang dipimpin KA SPKT Polres Jayapura Kota Ipda Mesak Kareni dan Pawas IPDA Muh. Anwar tiba di TKP dan selanjutnya mengamankan TKP,”bebernya.
Petugas pemadam kebakaran dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di belakang kantor Gubernur provinsi papua. Selanjutnya melakukan penyemprotan terhadap titik api, dibantu suplay air dari truk tangki air Dok IV Jayapura.

Pukul 14.00 WIT, Api yang membakar aula sasana krida berhasil dipadamkan.(char)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply