Tuesday , November 20 2018
Home > Berita > Kemenpora – RI Akan Kirim Tim Ke Papua Tinjau Gudang Alat Olahraga

Kemenpora – RI Akan Kirim Tim Ke Papua Tinjau Gudang Alat Olahraga

JAKARTA (Bisnis Papua) – Kementerian Pemuda dan Olahraga – Republik Indonesia akan mengirim tim ke Papua untuk melihat gudang yang akan dipersiapkan sebagai tempat penyimpanan peralatan olahraga yang telah digunakan pada Asian Games 2018 dan Paralympic Games 2018 di Jakarta dan Palembang belum lama ini.

Hal itu dikatakan Sekertaris Daerah Papua, T.E.A. Hery Dosinaen kepada wartawan di Jakarta Kamis (8/11/2018).

“Dari Kementerian Pemuda dan Olahraga akan kirim tim ke Papua. Sekarang ini kami harus menyiapkan yang pertama gudang. Kemudian yang berikutnya adalah melengkapi surat – surat resmi,”terangnya.

Namun sebelumnya mantan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo sebenarnya sudah menyerahkan surat – surat penyerahan alat olahraga   secara resmi.

“Tetapi kita akan pertegas lagi dengan Surat dari Gubernur Papua atas arahan Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga – Republik Indonesia, hingga nanti ada proses administrasi penghibahan terhadap pemerintah provinsi khususnya menyangkut alat – alat olahraga yang dipakai saat Asian Games 2018 dan akan dipakai untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2019 di Papua dan PON XX tahun 2020.  Alat – alat itu, dihibahkan ke Pemerintah provinsi papua,”jelas Sekda Dosinaen panjang lebar.

Sedangkan untuk gudang, pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Olahraga dan Pemuda sudah menyiapkan beberapa alternatif gudang. “Yang jelas ini harus dikejar hingga bulan Desember. Jelas kita harus cepat,”tukasnya.

Untuk itu dirinya telah memerintahkan kepada Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Papua Doren Wakerkwa dan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Noak Kapisa bersama Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Daud Ngabalin  untuk segera menyiapkan tempat – tempat untuk itu. “Nantinya gudang tersebut akan disewakan untuk tempat yang bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan alat – alat,”ucapnya.

Disinggung dari segi maintanance atau perawatan alat – alat. Dimana sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sempat melontarkan kekhawatirannya terkait ada beberapa alat olahraga yang akan mengalami penyusutan.

Kata Sekda, nantinya hal itu akan dilihat. “Jelas untuk alat ada reduksinya. Tetapi nantinya tetap kita lihat jelas di tahun 2019 akan digunakan. Dimana rencananya juga bulan Desember 2018, alatnya sudah datang. Yang terpenting alatnya sudah ada dulu. Masalah maintanancenya bisa kita lihat,”tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Plt Kadisorda Papua, Daud Ngabalin kepada Bisnis Papua mengatakan, sudah ada dua gudang yang dipersiapkan oleh instansinya, yang akan digunakan untuk menyimpan peralatan olahraga.

“Ada dua gudang yang sudah kita siapkan dan semuanya itu berada di Kota Jayapura,”katanya singkat. (Julia)

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply