Home > Berita > Lima Anggota DPR Papua Pengganti Antar Waktu Dilantik

Lima Anggota DPR Papua Pengganti Antar Waktu Dilantik

Caption foto : Lima  anggota DPR Papua saat diambil sumpahnya oleh Ketua DPR Papua Yunus Wonda. (Resty/Bisnis Papua)

JAYAPURA (Bisnis Papua) -Sesuai jadwal yang ditetapkan. Akhirnya lima Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) telah dilantik dan diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua DPR Papua Yunus Wonda pada sidang Paripurna di Gedung DPR Papua  Jumat malam (11/1/2019).
Ketua DPR Papua Yunus Wonda mengatakan sesuai mekanisme sudah diatur berdasarkan undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah disesuaikan oleh pimpinan partai politik kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Papua.
Maka  berdasarkan usulan dari pimpinan partai politik beserta pimpinan dewan Perwakilan Rakyat Papua menyampaikan, nama anggota dewan perwakilan rakyat Papua yang diberikan antar waktu dan meminta nama dan calon pengganti antar waktu kepada Komisi Pemilihan Umum provinsi papua.
“Setelah menerima nama dan calon pengganti antar waktu provinsi papua selanjutnya pimpinan DPR Papua menyampaikan nama anggota DPR Papua yang berhenti dan nama calon anggota pengganti antar waktu kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur papua untuk diproses lebih lanjut, setelah mendapat resmi pemberhentian dan pengangkatan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri,”katanya Yunus.
Sementara itu dalam sambutan  gubernur papua yang disampaikan Sekertaris Daerah provinsi papua Hery Dosinaen mengatakan, Dewan Perwakilan Rakyat Papua tahun 2014-2019 Papua telah melakukan salah satu tugas konstitusional yang diamanatkan oleh Undang – Undang No. 23 tahun 2014 dan telah melaksanakan pengambilan janji bagi 5 anggota Dewan dari Partai Gerindra dan Partai Hanura.
“Atas nama Gubernur, Wakil Gubernur dan seluruh jajaran pemerintah provinsi papua kami berikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala upaya yang telah dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Papua,”ujarnya.

Dengan pengambilan sumpah janji ini,  tentunya melewati suatu mekanisme proses yang telah diamanatkan oleh Undang – Undang.

“Kami Eksekutif menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada lima anggota yang telah pergantian antar waktu dan juga menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua dari Partai Gerindra dan Partai Hanura,”kata Gubernur lukas enembe melalui Sekda Papua.
Adapun nama – nama lima anggota DPR Papua yang di PAW adalah Jhon Ibo dari Partai Gerindra digantikan oleh Ronal Edwin Engko, Yanni digantikan Ireneus Liku Bolly.
Sedangkan Anggota DPR Papua dari Partai Hanura yang di PAW adalah Wilhelmus Pigai digantikan Dolfina Domora,Yan Mandenas digantikan Letinus Yikwa dan Stevanus Kaisepo digantikan Inoncencias Gebze.(res)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply