Tuesday , November 20 2018
Home > Berita > Minta SPP 9 Fakultas Diturunkan, Mahasiswa Uncen Demo Pihak Kampus

Minta SPP 9 Fakultas Diturunkan, Mahasiswa Uncen Demo Pihak Kampus

Caption Foto: Mahasiswa/i Universitas Cenderawasih yang tergabung dalam Solidaritas Peduli Uncen (SPU) saat mengelar aksi demo di depan Gapura Uncen atas(Carlos/Bisnis Papua)

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Mahasiswa/i Universitas Cenderawasih (Uncen) yang tergabung dalam Solidaritas Peduli Uncen (SPU) mengelar aksi demo damai.

Demo digelar di Gapura pintu masuk Uncen Atas, Distrik Heram  Kota Jayapura, Senin (5/11/2018).
Dalam aksinya, mahasiswa menuntut agar pihak Universitas menurunkan harga uang SPP di sembilan Fakultas Universitas Cenderawasih pada tahun 2018, yakni FISIP : Rp. 2.600.000,
Fakultas Ekonomi, Rp. 3.750.000, Fakulatas Hukum Rp. 2.750.000, Fak. MIPA : Rp. 3.500.000, Fak.Teknik  Rp. 3.500.000, Fak. FKM  Rp. 3.000.000, Fak Kedokteran Rp. 10.000.000,FKIP Rp. 3.500.000, FIK  Rp. 2.750.000. Dengan standar minimal Rp 1.000.000
Lurans Waum Ketua BEM FISIP Uncen dalam menyampaikan orasinya mengatakan, Solidaritas Peduli Uncen (SPU) melakukan aksi ini untuk menuntut uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi Mahasiswa Universitas Cenderawasih agar segera dikurangi.
“Aksi hari ini merupakan aksi solidaritas secara nasional yang bermartabat, sehingga kami mahasiswa turut serta mengambil bagian untuk meminta Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi Mahasiswa Uncen agar segera diturunkan guna menyelematkan pendidikan bagi generasi Papua,”ujarnya.

Menurut Luras Waum, Mahasiswa Papua sedang dimatikan pendidikannya, dimana orang kaya tetap kaya dan orang miskin tambah miskin, sehingga Lembaga Universitas Cenderawasih harus bertanggung jawab untuk memajukan pendidikan terhadap mahasiswa Papua yang tidak mampu.
“Amanat Undang-Undang Otsus di Papua sudah jelas, bahwa setiap orang harus mendapatkan pendidikan yang layak dan peluang kerja. Tetapi kenyataan tidak jelas. Sehingga mari kita menyuarakan pendidikan di Papua,”tuturnya.

Pihaknya  juga meminta pembayaran uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di Kampus Universitas Cenderawasih harus segera diturunkan untuk menyelamatkan Generasi muda Papua kedepan.
“Kami mahasiswa sepakat untuk meminta kepada pihak Lembaga Rektor Universitas Cenderawasih agar menurunkan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan standar Rp 1.000.000,- untuk 9 (sembilan) Fakultas Universitas Cenderawasih,”akunya.

Sementara itu Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST. MT mengakui  akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa.

“Karena itu, saya akan kembali mengundang para dekan, agar mereka menghitung kembali. Kira – kira  komponen bagian mana yang tidak terlalu urgen yang harus diikuti mahasiswa bisa dikurangi. Kalau itu dikurangi, harapan kita totalnya berkurang dan UKT (Uang Kuliah Tunggal) juga bisa terkurangi,” terang Safanpo.

Untuk itu dirinya meminta kepada para pendemo diharapkan agar tenang dan menjaga etika sebagai Mahasiswa Universitas Cenderawasih. Sehingga tidak mengganggu proses jalannya aktivitas perkuliahan
“Saya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempertimbangan kembali tentang biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di Kampus Universitas Cenderawasih,”pungkasnya. (char)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply