Tuesday , December 11 2018
Home > Berita > Natal Akbar Bernuansa Adat Tabi Akan Digelar

Natal Akbar Bernuansa Adat Tabi Akan Digelar

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Masyarakat Adat Tabi yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom dan Mamberamo Raya akan mengelar natal akbar bernuansa adat Tabi.
Natal akbar ini baru pertama kali diadakan di Jayapura dan akan digelar di Sentani, 14-15 Desember 2018.
Ketua Umum Panitia Natal Tabi Jhon Manansang Wally mengatakan, munculnya ide dari terbentuknya panitia Natal Nuansa adat Tabi ini, berdasarkan perintah dari tua-tua adat, LMA, ketua Dewan Adat dan para ondoafi sebagai raja bumi di atas tanah Tabi ini.
“Mereka memberikan mandat kepada kami sebagai panitia untuk  menyukseskan acara tersebut. Tujuannya ingin mempertemukan masyarakat asli yang mendiami tanah Tabi,” ujarnya kepada wartawan, Kamis malam (6/12/2018) di Abepura
Perayaan kelahiran Yesus ini mengusung tema “Tiga M” yaitu, Menata Peradaban, Menatap Iman dan menuju perubahan.
Tema tersebut lahir dari sebuah refleksi mengenai kehidupan masyarakat Papua, khususnya masyarakat Adat Tabi. Oleh karena itu, natal ini diharapkan membawa perubahan.
Dia mengakui selama ini banyak orang Tabi yang tidak baku kenal, sehingga bisa saling kenal saat natal.
“Mungkin dengan natal kita sudah kenal besoknya bisa saling membantu. Di samping itu juga lewat momen natal tersebut, kita ingin berbagi pengalaman dan juga ingin mengali lebih mendalam mengenai kondisi masyarakat adat Tabi, yang berada di kampung-kampung, misalnya di Sarmi, Mamberamo Raya, Sentani dan Keerom. Oleh karenanya momen inilah yang menjadi suatu langkah yang baik,” ujarnya.

Natal bersama juga akan dihadiri oleh Gubernur Papua, Pangdam dan Kapolda serta unsur Pemerintahan yang di Kota Jayapura.
“Untuk agendanya dari kegiatan natal bersama tersebut,akan ada jalan santai yang akan star dari pendopo kediaman ketua LMA, George Awi,” katanya
Ketua I Natal Tabi untuk wilayah adat Porth Numbay, Roberth Awi mengatakan untuk empat kabupaten dan satu kota masing-masing punya ketua. Keerom diketuai Kundrat Gusbagar, Kabupaten Jayapura Alpius Toam, Sarmi Demianus Kyeuw-Kyeuw, Mamberamo Raya Yakobus Britai.
Forum diskusi natal bersama masyarakat Tabi diharapkan, menjadi   kebangkitan masyarakat adat Tabi terutama dalam mengkonsolidasi seluruh kepentingan masyarakat adat Tabi. Terutama dalam membuat atau menyusun langkah-langkah dalam kebijakan-kebijakan ataupun rekomendasi yang nantinya mendapatkan acuan bagi empat kabupaten dan satu kota.
Kadis Disperindakop Kota Jayapura menambahkan diharapkan pada momen tersebut seluruh masyarakat Tabi dapat mengambil kesempatan dalam kegiatan itu
“Kami asumsi 20 ribu lebih bisa hadir pada saat Natal dan forum dialog masyarakat adat Tabi. Dan saya mau katakan bahwa bapak wali kota  Jayapura dan Bupati Jayapura sangat mendukung untuk menyukseskan acara ini,sehingga ini menjadi modal bagi kami,” tuturnya
Sementara Sekertaris Umum Panitia Rojando Early Ibo mengungkapkan, natal bersama yang akan diselenggarakan nanti bukan untuk mengkotak-kotakan satu suku dengan suku yang lain ditanah Papua
“Momen Natal ini, kami mau tata supaya Tanah Tabi ini menjadi rumah besar untuk kita semua, sehingga dengan momen natal bersama menjadi spirit baru untuk kebangkitan masyarakatat adat Tabi untuk membangun tanah Papua ke depan lebih baik lagi,” katanya. (Char)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply