Home > Berita > Orang Indonesia Pertama Raih Penghargaan Tertinggi Pekerja Profesional di Finlandia

Orang Indonesia Pertama Raih Penghargaan Tertinggi Pekerja Profesional di Finlandia

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Perempuan asal Indonesia, Rose Alibasya Jokela berhasil memenangkan penghargaan tertinggi untuk kategori karyawan dapur profesional terbaik Finlandia Tahun 2019.

Selain itu juga Rose Alibasya  Jokela mendapatkan Penghargaan dari Pers (Lehdistön palkinto), setelah melalui persaingan yang ketat.

Seperti yang dijelaskan, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh  Negara Finlandia  yang juga merangkap Republik Estonia,  Wiwiek Setyawati Firman kepada Bisnis Papua, melalui pesan whatsapp-nya. Senin malam (3/2/2019).

Rose Alibasya Jokela  adalah Wanita Indonesia pertama di Finlandia yang berhasil mencapai Penghargaan tertinggi sebagai pekerja profesional pada sektor industri makanan Finlandia. Bahkan pada waktu bersamaan Rose Alibasya Jokela juga telah mendapatkan Penghargaan Pers Finlandia.

Perempuan Sulawesi Utara – Indonesia itu memenangkan Penghargaan Karyawan Terbaik Finlandia untuk Dapur Profesional  2019 yang diberikan Majalah Aromi.

Seperti diketahui, Perusahaan penerbit Majalah AROMI, merupakan majalah terkemuka di negara Finlandia bagi pengusaha industri HoReCa (Hotel, Restoran, Cafe). Tanggal 31 Januari 2019 lalu telah menyelenggarakan Gala Dinner tahunan (The Pro Gala), yang sekaligus juga memberikan 15 Penghargaan-penghargaan/Awards tahun 2019 kepada sejumlah individu yang dinilai memiliki kepakaran terbaik di bidang Hotel, Restoran dan Cafe.

Pemberian penghargaan dilakukan saat Gala Dinner tahunan bagi pelaku industri Hotel, Restoran dan Cafe, bertempat di Gedung Finlandia Hall – Helsinki.

15 kategori Awards telah diperebutkan oleh 300 ribu  orang yang umumnya berwarganegaraan Finlandia. Namun seorang finalis merupakan wanita WNI yang selama 17 tahun terakhir berdomisili di Kota Oulu- Finlandia.

Rose berasal dari Gorontalo – Sulawesi Utara, Indonesia yang bekerja dibawah jaringan perusahaan SODEXO, yaitu industri jasa catering yang melayani restoran dan Cafe di seluruh Finland

Managemen SODEXO telah mengusulkan Rose Alibasya Jokela sebagai salah satu calon untuk merebut salah satu dari  15 Penghargaan bergengsi Finlandia di sektor Hotel, Restoran dan Cafe.

Adapun 15 kategori Penghargaan/Awards yang diperebutkan, yaitu: Penghargaan pelayanan pelanggan restoran ( restaurant customer service) terbaik Finlandia, Karyawan/pelayan kafe terbaik Finlandia. Karyawan dapur profesional terbaik Finlandia, Juru masak dapur profesional terbaik Finlandia, Kepala dapur profesional terbaik Finlandia, Juru masak restoran terbaik Finlandia, Kepala restoran terbaik Finlandia, Kepala nutrisi terbaik Finlandia. Kepala pelayan terbaik Finlandia, Bar tender terbaik Finlandia, Koki terbaik Finlandia, Pengajar/Dosen Kuliner terbaik Finlandia, Pengusaha (kuliner / catering/sekolah masak) terbaik Finlandia, Penanggung jawab industri makanan terbaik Finlandia dan  Inovasi (dibidang teknologi makanan) terbaik Finlandia. (Julia)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply