Home > Berita > Pemkab Jayapura Data Jumlah Orang Gangguan Jiwa Berat di Setiap Kampung

Pemkab Jayapura Data Jumlah Orang Gangguan Jiwa Berat di Setiap Kampung

SENTANI (Bisnis Papua)- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, pihaknya bersama Dinas Sosial dan Rumah Sakit Jiwa Abepura mengatakan dalam waktu dekat  akan segera menangani masyarakat yang mengalami gangguan jiwa berat yang berkeliaran di jalan.

Pasalnya, selama ini banyak orang yang mengalami gangguan jiwa berkeliaran di jalan-jalan maupun di Kampung-Kampung di wilayah Kabupaten Jayapura yang kerap menganggu masyarakat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa di Abepura Dinas Sosial. Bahkan tahun lalu kita sudah jalan. Jadi kita sudah mendata semua Kampung, Distrik yang ada wargannya mengalami gangguan jiwa berkeliaran di jalan termasuk di Sentani, Tidak boleh lagi orang gila berkeliaran di jalan, kita harus tangani mereka,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie, Kamis (10/1/2019).

Menurutnya, mekanisme penanganan orang gangguan jiwa ini dalam waktu dekat akan segera diatur dengan Dinas Sosial dan Rumah Sakit Jiwa

“Di 2019 ini, kita sudah bisa mulai bersama rumah sakit jiwa melakukan penjemputan, karena pelayanan itu hanya bisa dilakukan di rumah sakit jiwa. Sedangkan pelayanan gangguan jiwa dasar itu akan dilakukan di Puskesmas, nanti dokter-dokter di Puskesmas kita beri kemampuan untuk bisa melayani pelayanan jiwa dasar seperti  depresi, stress, itu hal-hal kecil yang bisa menjadi gangguan jiwa berat,”tuturnya.

Khairul Lie mengungkapkan, masyarakat yang  mengalami gangguan jiwa ringan akan ditangani di Puskesmas, sedangkan gangguan jiwa berat seperti yang ada di jalan atau di pasung dalam rumah harus segera di tangani dan di bawa ke rumah sakit jiwa.

“Kalau ada yang dipasung di dalam rumah atau disendirikan misalnya di kandang, itu yaitu kita harus jemput bawa ke rumah sakit jiwa, karena ini perintah Negara kepada kita bidang kesehatan,”akunya.

Khairul Lie melanjutkan, agar penanganan gangguan jiwa ini bisa berjalan baik maka pihaknya langsung berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan seperti Dinas Sosial, Rumah Sakit Jiwa.(hsb)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply