Saturday , October 20 2018
Home > Berita > Pemuda Papua Harus Nyatakan yang Benar

Pemuda Papua Harus Nyatakan yang Benar

Caption Foto: Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memukul tifa tanda dibukanya Musda KNPI  (Carlos/Bisnis Papua)

 

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan, pemuda adalah idealisme yang berkembang menuju sesuatu yang realistis.
“Kita harus nyatakan yang benar adalah benar dan tidak adalah tidak,” katanya paada pembukaan Musda KNPI Papua ke XIV tahun 2018 di Hotel Metta Star di Jayapura, Senin (8/10/2018).

Kata dia, dari delapan calon Ketua KNPI, satu diantaranya akan menjadi pemimpin. Oleh karena itu, mereka yang tidak terpilih harus berbesar hari menerima hasilnya.
KNPI sebagai organisasi pemuda harus menjadi mitra pemerintah yang sejajar dan dapat memberikan masukan.

Selain itu pemuda juga harus berani mengkritik kebijakan pemerintah, tetapi dengan cara yang benar.
“Papua hanya terdiri sekitar tiga juta orang pemuda, dengan wilayah yang luas dan distribusi penduduk yang tidak merata. Hal ini harus dipahami dengan baik oleh calon ketua KNPI,  agar dapat menjalankan motivasinya masing-masing. Karena motivasi mendorong kita semua agar tetap semangat demi kejayaan KNPI provinsi papua,” kata Tinal.

Nantinya Ketua KNPI terpilih harus tetap berkoordinasi dengan meminta nasihat, saran dan masukan kepada mantan pemimpin KNPI sebelumnya
“Jangan percaya diri yang berlebihan, karena akan membuat kita jatuh. Jangan menghalalkan segala sesuatu, karena ini orgnisasi pemuda bukan ajang bayar-membayar. Jika ini terjadi akan merusak generasi pemuda KNPI kedepannya,” katanya mengingatkan.
Dirinya juga meminta KNPI dapat menyukseskan PON XX tahun 2020. Peran serta KNPI sangat besar dalam menyukseskan PON XX nanti.
“Peran pemerintah juga akan melihat seperti apa ke depan dengan memberi porsi yang besar dalam kegiatan maupun dalam pendanaan untuk menyukseskan program-program yang sudah disusun,” katanya
Sementara itu Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengatakan tahun 2018 adalah tahun politik.
Delapan kandidat ketua KNPI yang sudah memaparkan visi-misinya merupakan putra terbaik.
Mereka juga harus menghindari sikap  kesukuan, dan bersaing secara sehat.
“DPP akan memantau secara kolektif dan pimpinan sidang dari DPP pada Musda ini adalah R. Ham Pagawak,”ujarnya mengingatkan.
Lanjut Rifai, masa kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Klemen Tinal yang membawa visi misi dalam pemerintahannya bangkit mandiri dan berkeadilan ini harus berkesimbungan.
“Itu arti ketua KNPI yang terpilih nanti harus mendukung visi misi tersebut,”tandasnya. (Char)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply