Tuesday , November 20 2018
Home > Berita > Pulau Padaido Ditunjuk Jadi Tempat Perhelatan Cabor Selam di PON 2020

Pulau Padaido Ditunjuk Jadi Tempat Perhelatan Cabor Selam di PON 2020

JAKARTA (Bisnis Papua) –Sebagai salah satu kabupaten yang masuk dalam klaster penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mulai mempersiapkan segala sesuai demi suksesnya ajang pesta olahraga empat tahunan itu.

PB PON Papua sendiri telah menetapkan Claster Kabupaten Biak dengan dua cabang olahraga (cabor) yakni Hokkey dan Selam.

“Kami sangat fokus memperhatikan seluruh persiapan menuju PON sesuai arahan dari Gubernur Papua.  Dimana salah satunya cabang olahraga hokkey yang merupakan cabor yang akan diselenggarakan di Biak Numfor,”kata Bupati Biak Numfor  Herry Naap kepada Bisnis Papua di Jakarta. Kamis (1/11/2018).

Untuk itu Pemerintah daerah setempat, telah menyiapkan lokasinya, dengan melengkapi sejumlah berkas dan persiapannya.

“Kami sudah menyiapkan lokasi berdasarkan sertifikat yang ada. Sesuai dengan arahan Gubernur, kami menggunakan lokasi milik GKI Petrus Kafiar yang ada di Biak untuk digunakan,”terangnya.

Dengan digunakannya lokasi milik GKI ini, diharapkan gereja pun ikut bertanggung jawab bersama – sama dalam membina  umat. yang ada. Termasuk juga  dengan berolahraga.

“Karena kita tau pemain Hokkey baik nasional dan Papua rata – rata berasal dari Biak Numfor,”selanya.

Selain itu juga pemerintah daerah mempunyai beberapa lokasi yang telah disiapkan ada yang seluas 5 dan 10 hektar.

Akan tetapi, karena  lokasi gereja Petrus Kafiar ini cukup strategis. Dikarenakan berada  didalam kota, sehingga pemerintah berpikir untuk kerjasama dengan pihak gereja, agar bisa menggunakan lokasi itu. “Sehingga setelah PON ini berlangsung seluruh venue dan fasilitas yang ada tidak mubasir. Tetapi bisa digunakan untuk keberlangsungan selanjutnya,”harapnya.

Untuk cabang olahraga selam, menurutnya sudah dihitung. “Kita selenggarakan di Kepulauan Padaido Amando, secara khusus di Pulau Bromsi dan Fasi,”terangnya.

Sementara itu untuk ketersediaan akomodasi, misalnya hotel dan sarana transportasi lainnya. Demi suksesnya PON di Klaster Biak. Dirinya selama kurang lebih sebulan berada di Jakarta. Untuk bertemu dengan beberapa pihak terkait. (Julia)

About Odeodata H Julia

Leave a Reply