Home > Berita > SAR Jayapura Himbau Warga Waspada Bencana Alam

SAR Jayapura Himbau Warga Waspada Bencana Alam

SENTANI (Bisnis Papua)- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Putu Arga Sujarwadi meminta warga untuk selalu waspada bencana alam di wilayah Jayapura. Hal ini terkait cuaca yang tidak menentu baik itu hujan yang berdampak longsor dan banjir.

Menurut Putu tak dipungkiri kalau Jayapura termasuk daerah bencana. “Cuaca yang tidak menentu, baik itu curah hujan yang deras dan berdampak pada longsor maupun banjir, ini menjadi kekuatiran  kita. Tentunya dengan adanya kesiapsiagaan kita, Basarnas selalu dalam memberikan bantuan evakuasi maupun kegitan yang lain untuk memberikan yang lebih aman,” kata Putu.

Oleh karena itu, kami minta msyarakat selalu waspada dan berhati-hati serta mendegarkan informasi yang di yakini kebenarannya baik itu dari BMKG terkait dengan cuaca hujan yang dapat mengakibatkan banjir maupun longsor pada beberapa titik tertentu.

“Kami dari SAR Jayapura selalu siaga dalam memberikan pertolongan ketika ada terjadi bencana di semua daerah.  Ada 15 kabupaten dan kota yang menjadi menjadi perhatian bagi kami, sebab ditempat-tempat ini bila terjadi hujan besar tentu aka ada banjir dan longsor apalagi pada saat ini musim hujan seperti sekarang ini,”ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat pada saat cuaca ekstrim mengetahui apa yang akan diperbuat, seperti menyiapkan sarana alat yang bisa mengamankan ketempat yang lebih aman seperti diatas maupun dibalkon.

“Kita yang berada di pantai tentu akan terkena dampak gelombang pantai, dan juga gelombang yang ada di perairan samudra pasifik bagian utara,”ungkapnya.(hsb)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply