Saturday , October 20 2018
Home > Sport > Sepak Bola Indonesia Harus Damai

Sepak Bola Indonesia Harus Damai

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Pasca insiden berdarah mencoreng Sepak Bola Indonesia di Bandung, dimana menewaskan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila beberapa waktu lalu, ternyata tak luput dari perhatian Ketua Umum persipura jayapura, Benhur Tomi Mano.

Menurut BTM panggilan akrabnya, insiden tersebut patut menjadi hikmah bagi semua elemen persepakbolaan tanah air, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi, bahkan manajemen persipura sangat mendukung aksi perdamaian baik untuk suporter maupun juga klub sepak bola Indonesia.

“Kita tidak ingin terjebak dalam pro kontra putusan komdis dalam kasus meninggalnya Haringga, selama ini kita menolak untuk komentari hal itu, sekarang intinya kita perlu dorong semua elemen terkait untuk terus mengkampanyekan sepak bola damai, kita juga perlu ingat kejadian Haringga sebagai pelajaran bagi kita semua,” ujar Benhur dalam rilisnya, Kamis (04/10/2018).

BTM berharap agar federasi (PSSI), operator liga maupun klub harus dan perlu menyepakati hukuman atau sanksi yang berat sehingga benar-benar bisa menjadi efek jera.

Apalagi hukuman yang berat itu berdampak bagus untuk menggerakkan semua elemen persepakbolaan Indonesia agar bisa melakukan hal-hal positif guna terhindar dari sanksi atau hukuman berat tersebut.

“Termasuk kita juga perlu berkomunikasi dengan suporter terkait hal ini, perlu ada edukasi melalui Panpel, sehingga semua bisa punya kesadaran yang sama, sehingga tidak ada lagi kejadian-kejadian yang menodai wajah persepakbolaan Indonesia,” katanya.

Ditambahkan bahwa ini merupakan pelajaran juga dalam pentingnya mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi di lapangan atau di sekitar stadion, sehingga hal-hal negatif tidak menjadi besar dan bisa cepat diredam. (Kes)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply