Home > Berita > Soal Bencana Hujan Es di Lany Jaya Pemprov Papua Belum Terima Laporan

Soal Bencana Hujan Es di Lany Jaya Pemprov Papua Belum Terima Laporan

JAYAPURA (Bisnis Papua) –  Pemerintah provinsi papua mengaku sampai saat ini belum menerima lris Daerah (Sekda) provinsi papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Selasa (8/1/2019), mengatakan meskipun belum ada laporan dari kepala daerah di wilayah tersebut, namun pihaknya mengimbau agar para bupati beserta jajarannya harus selalu siap siaga dengan siklus iklim yang ada saat ini.
“Pasalnya, hampir setiap tahun ada kejadian hujan es ini yang mengakibatkan pembusukan akar tanaman di wilayah tersebut, hingga akhirnya mati dikarenakan suhu dingin yang tidak biasa,”terangnya.

Lanjutnya,     bencana hujan es ini biasanya terjadi di wilayah  Pegunungan Tengah seperti di Kabupaten Nduga, Lanny Jaya, Puncak, Puncak Jaya dan Tolikara. Dimana hal ini juga dikarenakan adanya pembuangan salju dari Pegunungan Cartenz serta mengakibatkan banyak tanaman mati terutama umbi-umbian.
“Jadi, sekali lagi kami mengimbau para bupati agar tetap di tempat dan melihat situasi serta kondisi lalu melakukan langkah antisipasi agar masyarakat tidak menjadi korban,” ujarnya.
Untuk itu pemerintah provinsi meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim beberapa hari belakangan ini di wilayahnya.
“Dengan kondisi cuaca ekstrim yang kini sedang terjadi diharapkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wajib memberikan informasi dan peringatan kepada masyarakat,”ujarnya.
Sebelumnya, banyak beredar postingan gambar butiran es di Kabupaten Lanny Jaya, Nduga serta Puncak di media sosial. Yang mengingatkan kembali kejadian pada bulan Juli 2015 lalu, ketika bencana ini terjadi yang mengakibatkan puluhan masyarakat menderita kelaparan. Bahkan sampai ada yang meninggal dunia. (Julia)

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply