Home > Berita > Soal Pernyataan Walikota Jayapura, Ini Jawaban Pemprov Papua

Soal Pernyataan Walikota Jayapura, Ini Jawaban Pemprov Papua

JAYAPURA (Bisnis Papua) – Pemerintah provinsi papua merespon positif pernyataan Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, yang meminta agar dana Otonomi Khusus (Khusus) bidang infrastruktur 2019 juga dapat disalurkan untuk membangun sejumlah fasilitas umum di ibukota provinsi tertimur ini yang disebut Port Numbay ini.

“Terkait pernyataan Walikota Jayapura, nanti akan kita lihat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen, menanggapi pertanyaan pers, di Jayapura. Selasa (8/1/2019).

Namun kata mantan Sekwan Puncak Jaya ini, meskipun Dana Otonomi Khusus infrastuktur tidak sampai ke pemerintah kota. Namun ada 80 persen dana otsus yang diturunkan dari provinsi. Dengan demikian, 80 persen dana otsus itu diharapkan dapat dipergunakan memenuhi kebutuhan pembangunan di Kota Jayapura.

Sebelumnya, Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano mengeluhkan pembagian dana Otsus bidang infrastruktur yang tidak pernah diberikan kepada Kota Jayapura sebagai ibukota provinsi. Padahal pembangunan di wilayah Port Numbay banyak fasilitas umum yang dapat dibangun maupun diperbaiki guna menunjang pelayanan kemasyarakatan.

“Masakan tidak ada perhatian dari pemerintah provinsi untuk membantu Pemkot Jayapura, seperti membenahi fasilitas umum yang ada. Dalam artian, pemerintah provinsi jangan sampai ada kesan membangun Papua secara kolektif atau hanya melihat satu kabupaten saja,”tukasnya.

Dirinya mengakui Pemkot Jayapura menerima bagian dari 80 persen dana Otsus yang turun ke kabupaten dan kota. Nilainya hanya sekitar Rp. 95 miliar dan belum pernah naik sejak dirinya menjabat sebagai Walikota.

Untuk itu, dirinya  berharap mulai tahun ini Pemprov Papua dapat mempertimbangkan menaikkan jumlah dana Otsus, sekaligus menganggarkan dana Otsus infrastruktur guna membenahi sejumlah fasilitas umum di Kota Jayapura.

“Sebab jangan juga Walikota Jayapura yang terus-menerus disalahkan. Tetapi cobalah pemerintah provinsi melihat dan memberikan kami bantuan dari dana-dana itu. Apalagi, beberapa waktu kemarin di Kota Jayapura terjadi bencana longsor di beberapa lokasi,”tegasnya.

Sebab menurutnya, hal ini tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab  pemerintah kota semata. Ada tanggung jawab provinsi dan pusat di beberapa jalan yang ada di Kota Jayapura. (Julia)

 

 

About Odeodata H Julia

Leave a Reply